Negara Tertua di Bumi

Negara Tertua di Bumi

Pixabay.com/652234--

Bumi adalah salah satu bentuk adanya  bentuk peradaban manusia yang ada. Negara merupakan bentuk kecil yang ada di dalam bumi ini. 

Sejalan dengan perkembangan zaman yang ada di Dunia, pernahkah kita berfikir negara mana yang yang tertua di bumi ini?. Nah mari kita telusuri dan kita kulas disini.

1. Mesir

Sejalan dengan peradaban Mesir kuno, dimana telah tercatat sejak tahun 6.000 SM. Pada tahun 3.100 SM dinasti pertama Mesir terbentuk, dimana diyakini bahwa pendirian Mesir ini menjadikannya sebagai negara tertua yang ada di bumi.

2. India

Peradaban India pertama kali tercatat pada tahun 3.300 SM. Awal mula adanya bangsa India pada periode Vadic. Pada era periode Vadic berkembang agama Hindu, Buddha, dan Jainisme. Sedangkan peradaban India modern terjadi pada 1947 setelah mereka merdeka dari kolonialisme Inggris.

3. Afganistan

Peradaban ini dipercayai berada di tahun 3.000 SM. Pada saat itu peradaban ini membentuk kota yang bernama Mundigak, dimana kota ini adalah salah satu kota pertama di Dunia. 

4.Jepang

Jepang yang mungkin kita kenal adalah sebagai penjajah di Indonesia, akan tetapi siapa sangka Jepang adalah salah satu negara tertua. Dalam mitologi kuno Jepang, kaisar Jepang pertama kali yaitu Kaisar Jimmu yang bertakhta pada 660 SM.

5. Iran

Iran adalah negara yang resmi dikenal sebagai Republik Islam Iran. Pada beberapa peradaban Iran paling awal adalah Elam dan Jiroft. Elam adalah orang yang bertanggung jawab dalam mendirikan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III. 

 

Nah gimana nih, ternyata banyak kan hal-hal yang belum kita ketahui. Jadi kita bisa tau nih ternyata ada negara yang tertua di dunia itu ada dan bisa jadi hal yang gak kita sangka kan.

Sumber: