9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa

9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa

--gambar: iStock

LAMPUNGNEWSPAPER - Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari 38 provinsi yang tersebar di Sabang hingga Merauke. Saat ini, terdapat usulan untuk memekarkan wilayah-wilayah baru menjadi provinsi baru. Di Pulau Jawa, terdapat sembilan usulan atau wacana pemekaran provinsi baru. Pulau Jawa sendiri saat ini memiliki enam provinsi, yaitu Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kesembilan usulan atau wacana pemekaran provinsi baru di Pulau Jawa.

 

1. Provinsi Tangerang Raya

Provinsi Tangerang Raya adalah salah satu usulan pemekaran dari Provinsi Banten. Wilayah ini akan mencakup Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang Utara. Ibu kota provinsi ini berada di Kota Tangerang.

2. Provinsi Bogor Raya

Provinsi Bogor Raya adalah usulan pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini akan mencakup Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Ibu kota provinsi ini berada di Kota Bogor.

3. Provinsi Cirebon

Provinsi Cirebon adalah usulan pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini akan mencakup Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan. Ibu kota provinsi ini berada di Kota Cirebon.

4. Provinsi Banyumasan

Provinsi Banyumasan adalah usulan pemekaran dari Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini akan mencakup Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, dan Kota Purwokerto. Ibu kota provinsi ini berada di Kota Purwokerto.

5. Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Provinsi Daerah Istimewa Surakarta adalah usulan pemekaran dari Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini akan mencakup Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri. Ibu kota provinsi ini berada di Kota Surakarta.

6. Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara

Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara adalah usulan pemekaran dari Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini akan mencakup Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Grobogan. Ibu kota provinsi ini akan berada di Kabupaten Kudus.

Sumber: