Penantian 32 tahun Timnas Indonesia meraih Emas SEA Games 2023

Penantian 32 tahun Timnas Indonesia meraih Emas SEA Games 2023

Pixabay.com/sunu_dhadho--

Akhirnya setelah penantian panjang selama 32 tahun Indonesia akhirnya bisa mempersembahkan emas dalam ajang sepak bola pada SEA Games yang diselenggarakan di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Kehausan akan kemenangan kembali memang sangat terasa pada SEA Games ini, yang mana terakhir kali Indonesia mendapatkan emas adalah SEA Games tahun 1991 di Filipina.

Medali emas pada SEA Games 2023 ini berhasil didapat setelah Marselino Ferdinan dan rekan-rekan yang sukses mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di partai final.

Kemenangan ini dicetak gol oleh Ramadhan Sananta (21’, 45+5’), Irfan Jauhari (91’), Fajar Fathur Rahman (107’) dan Beckham Putra (120’). Sementara dua gol balasan Thailand lahir via Anan Yodsangwal (65’) dan Yotsakorn Burapha (90+7’).

Pada pertandingan kali ini banyak sekali hal-hal yang membuat ketegangan para penontonnya. Terlebih pada saat babak kedua dimana Indonesia masih unggul di 2-1. Kemudian pada detik-detik terakhir ada tiupan peluit yang kita mengira sebagai akhirnya pertandingan, namun ternyata belum usai pertandingan tersebut. Kemudian dilanjutkan penyerangan oleh tim Thailand dan bisa menyamakan kedudukan yaitu menjadi 2-2.

Kedudukan imbang yang membuat penambahan babak yaitu 30 menit dengan 2 babak, dimana menit awal babak pertama, Indonesia mencetak gol dan menjadi 3-2 dan sampai babak kedua yang pada akhirnya tim Indonesia mencetak gol kembali dan menang dengan skor akhir yaitu 5-2. 

Skor inipun pada pertandingannya diwarnai dengan banyaknya kartu merah yang dikeluarkan oleh wasit. Wasit mengeluarkan kartu merahnya karena banyaknya pelanggaran- pelanggaran yang dibuat antar kedua tim,  dan kartu merah inipun di berikan untuk tim Indonesia dan juga tim Thailand.

Sumber: