Tanda Tanda Kiamat munculnya Imam Mahdi dan Dajjal

Tanda Tanda Kiamat munculnya Imam Mahdi dan Dajjal

Pixabay.com/geralt--

Kedatangan hari kiamat memangkah tidak bisa kita perkirakan dan kita tidak akan tahu kapan akan terjadi, namun kita sebagai umatnya harus meyakini akan adanya hari ini, dan Allah SWT juga telah menyebutkan tanda-tanda kiamat dalam beberapa ayat Al-Quran. Berikut ini adalah beberapa tanda kiamat sudah dekat.

 

1. Munculnya Imam Mahdi

Imam Mahdi bukan merupakan sebuah nama, melainkan gelar. Arti kata “Imam”, yakni pemimpin sedangkan “Mahdi” berarti orang yang mendapatkan petunjuk. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Imam Mahdi adalah sosok pemimpin bagi umat Islam yang akan muncul pada akhir zaman. Munculnya Imam Mahdi adalah salah satu tanda datangnya akhir zamanatau hari kiamat.  Hal ini sebagaimana dalam riwayat Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

Riwayat yang shahih mengungkapkan ciri-ciri Imam Mahdi adalah seorang pria berperawakan sedang, berdahi lebar, berhidung mancung, beraroma paling harum, berwajah paling berseri-seri, matanya bercelak, gigi depannya berkilau, memiliki lesung pipi pada sebelah kanan, wajahnya bersinar, dan berjenggot lebat. Kemudian pada pundaknya terdapat suatu tanda seperti yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Kedua kakinya jenjang, warna kulitnya seperti layaknya warna kulit orang Arab.

Pada lidahnya terdapat suatu kekeluan. Jika dia mengalami kesulitan dalam berbicara, dia menepuk paha kirinya dengan tangan kanannya. Usianya sekitar 40 tahun. Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa usianya antara 30-40 tahun. Dia sangat khusyuk dalam beribadah kepada Allah, seperti tunduknya burung Elang atau Nasar dengan kedua sayapnya. Akhlaknya seperti akhlak Nabi Muhammad SAW (Dalam Kitab Al-isyaab i Asyrath As-Saah).

 

2. Dajjal

Tanda akhir zaman atau kiamat selanjutnya adalah adanya dajjal, Dajjal ini adalah makhluk penyebar fitnah di Bumi yang akan muncul sebagai tanda hari kiamat. Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda "Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal."

Dajjal dijelaskan Nabi Muhammad SAW sebagai ‘seorang yang sakti.’ Dia akan menguasai umat manusia. Ia bisa menghidupkan manusia setelah membunuhnya. Tapi, Nabi menegaskan bahwa Dajjal tidak bisa melakukan lebih dari pada itu. Juga tidak bisa menguasai manusia lainnya.

“Hari-hari Dajjal adalah empat puluh hari. Satu hari seperti satu tahun, satu hari lagi seperti sebulan, satu hari lagi seperti sepekan, sedangkan hari-hari berikutnya adalah seperti hari-hari biasa, sedangkan hari terakhir adalah hari seperti fatamorgana. Pagi hari, seseorang berada di pintu Madinah dan sebelum di pintu yang lain, sore hari telah tiba,” kata Nabi Muhammad.

Sumber: