PT KAI Divre IV Tanjungkarang Jamin Angkutan Lebaran Berjalan Lancar dan Aman

PT KAI Divre IV Tanjungkarang Jamin Angkutan Lebaran Berjalan Lancar dan Aman

BANDARLAMPUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang menjamin pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2023 berjalan lancar, aman dan selamat.

Pasalnya, PT KAI Divre IV Tanjungkarang telah melakukan antisipasi dengan pelaksanaan ramp chek.

Pelaksana Harian Manager Humas PT KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang, Muhammad Reza Fahlepi mengatakan, pelaksanaan ramp chek atau inspeksi kelengkapan standart pelayanan minimum (SPM) telah dilakukan pada 27 Februari hingga 3 Maret mendatang.

“Ramp chek dilakukan pada sarana perkeretaapian maupun stasiun di wilayah divre IV Tanjung Karang,” kata dia saat diwawancarai, Rabu (15/3/2023).

Tak hanya itu, lanjut Reza, kesiapan sumber daya manusia PT KAI Divre IV Tanjungkarang dilakukan dengan diklap terpadu petugas operasional, peningkatan pengawasan, uji petik online/offline, safety talk dan lainnya.

“Dibuka juga posko angkutan lebaran dengan melibatkan jajaran kepala daerah hingga frontliner,” ujarnya.

Sementara itu, tambah Reza, antisipasi gangguan sarana dilakukan penempatan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit dan crane pada titik yang ditentukan. Kemudian antisipasi gangguan prasarana dilakukan dengan penempatan alat material untuk siaga (AMUS) pada lokasi yang telah ditentukan.

“Dilakukan juga peningkatan KAMTIB dalam perjalanan KA, stasiun dan jalur KA melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat, serta meningkatkan pengamanan pada daerah rawan kamtib,” pungkasnya. (dka)

Sumber: