Tekan Sebaran DBD di Kota Metro, Dinkes Minta Masyarakat Terapkan PHBS

Senin 20-05-2024,20:00 WIB
Reporter : Muhammad Richardo
Editor : Khairul

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro berupaya menekan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di kota setempat. Masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Dinkes Metro, Eko Hendro Saputro mengatakan, perubahan iklim di 2024 membuat angka kasus DBD di Kota Metro meningkat. Masyarakat diminta mewaspadai sebaran penyakit tersebut.

“Kita butuh deteksi seperti yang Pak Menteri Kesehatan bilang, yang menyebut tentang rapid test, karena ini perlu didistribusikan di fasilitas kesehatan dasar kita,” kata Eko saat diwawancarai awak media, Senin, 20/5/2024.

“Karena DBD ini memiliki konsekuensi yang parah apabila telat ditangani,” sambungnya.  

BACA JUGA:Kantongi Ekstasi, Empat Pemuda Dicokok Polisi

Dia menuturkan, kenaikan kasus DBD yang cukup drastis pada tahun ini disebabkan oleh multi faktor. Salah satunya adalah kesadaran untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di tingkat individu yang cenderung masih kurang.

“Pasti PSN-nya pada tingkat masyarakat dan individu atau keluarga perlu ditingkatkan. Selain itu, ini juga dipengaruhi fenomena el nino dan ada perubahan iklim sehingga ada perubahan musim,” tuturnya.

Eko meminta masyarakat Kota Metro tidak panik dan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu, masyarakat diminta melakukan kegiatan PSN 3M Plus secara berkala dan menyeluruh.

“Mulai sekarang, cek kebersihan di rumah maupun lingkungan sekitar. Jangan sampai ada barang-barang yang berpotensi menimbulkan genangan air,” pungkasnya.   (MRC)

Tags :
Kategori :

Terkait