Kota Bandar Lampung akan Jadi Kota Metropolitan 20 Tahun Mendatang

Minggu 10-09-2023,15:08 WIB
Reporter : Deka Agustina Ramlan
Editor : Khairul

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat dalam 20 tahun kedepan akan ada beberapa rencana salah satunya menjadikan Bandar Lampung menjadi Kota Metropolitan.

Plt. Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung,  Yusman Kunang mengatakan, berbagai isu pembangunan daerah pada rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 pasca selesai RPJPD 2005-2025.

"Isu-isu strategis yang kita kumpulkan dari semua perangkat daerah untuk 20 tahun kedepan, diantaranya seperti Kota Metropolitan, Smartcity, pengembangan Pariwisata, fokus terhadap Pendidikan Vokasi, Rumah Sakit Rujukan Nasional, Insflastruktur perkotaan bagaimana bisa bagus, air minum dan sanitasi, Perumahan dan kawasan pemukiman kita menjadi persoalan, dan pemakaman itu menjadi persoalan juga," katanya saat diwawancarai, Minggu (10/9/2023).

 

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung akan Bangun Perpustakaan Modern

Meski hal itu dibahas dalam forum OPD, Yusman menyebut, hal tersebut masih berupa draf alias belum hasil fix dan masih dalam tahap permulaan saja.

"Namun kemarin itu baru sebatas masukan atau draf, pemikiran-pemikiran apa saja ini belum fix karena baru rencana awal masih ada pembahasan atau diskusi serta konsultasi bersama seluruh sektoral atau stekholder dan proses lainnya," jelasnya.

Ditanya bagaimana dengan RPJPD tahun 2005-2045 yang kini sudah selesai Rencana apasaja yang sudah terlaksana dalam jangka waktu 20 tahun tersebut? Yusman menjawab, hal itu sudah sangat terlihat saat ini.

"Kalau tahun 2005-2025 itu visinya untuk kemajuan perdagangan dan jasa kan sudah sangat terlihat disini, pada indikator makro cukup tinggi IPM naik   sekitar 78,1 persen. Tapi faktanya yang terlihat jasanya saat dibandingkan Kota Bandar Lampung 2005 saat ini  sudah jadi Kota Jasa terbukti dengan banyaknya akomodasi, hotel, restoran, pelabuhan panjang, kapal cepat, itu sudah membuat lalu lintas perdagangan kita naik," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mulai menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

Penyusunan tersebut dilakukan oleh forum perangkat daerah, yang digelar di Aula Gedung Semergou kantor pemkot setempat

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, RPJPD tahun 2005-2025 sudah selesai, sehingga disusun kembali RPJPD untuk tahun 2025-2045.

"Harapannya, apa yang telah baik ke depan harus lebih baik lagi, agar apa yang diharapkan dapat terlaksana," kata Bunda Eva, sapaan akrabnya saat diwawancarai, Rabu (6/9/2023).

BACA JUGA:Warga Bandar Lampung Bersholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf

Menurut orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini, dengan bantuan salah satu narasumber dari Kota Bandar Lampung dapat merencanakan program yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Tak hanya itu, Bunda Eva juga akan terus berupaya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, terutama untuk pembangunan infrastruktur jalan.  

"Ada beberapa pembangunan yang diprioritaskan seperti Gelanggang Olahraga (GOR) terbesar," tutupnya. (dka)

Kategori :