Indonesia Dorong Kerja Sama Media ASEAN untuk Tingkatkan Pemahaman

Sabtu 02-09-2023,11:02 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

 

“Teknologi informasi dan komunikasi telah banyak berkembang sejak pertama kalinya terjalin kerja sama media secara resmi di ASEAN tahun 1989 saat The First Conference of ASEAN Ministers Responsible for Information. Kita harus dapat memanfaatkan perkembangan tersebut dalam meningkatkan ASEAN awareness secara holistik,” ujar Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, Hartyo Harkomoyo.

 

 

Salah satu implementasi konkret dari pengembangan kerja sama ini dalam waktu dekat adalah peresmian ASEAN Newsroom Corner di Media Center KTT ke-43 ASEAN. Selain itu akan dilakukan juga peningkatan kapasitas dan pelatihan seperti lokakarya, konferensi, dan kegiatan kompetisi. Tidak hanya itu, implementasi ASEAN Communication Master Plan (ACMP) II (2018-2025) sebagai kerangka panduan untuk menggaungkan pesan mengenai visi ASEAN, serta mempromosikan ASEAN Community.

 

 

Dalam era yang terus berkembang, salah satu bentuk implementasi yang juga dibahas dari forum ini adalah amplifikasi penggunaan platform media baru seperti podcast, webinar, dan video untuk menginspirasi warga ASEAN agar semakin menjadi bagian dari perjalanan membangun seluruh pilar masyarakat ASEAN.

Kategori :