Upaya Kendalikan Inflasi Pangan, Kota Metro dan Kabupaten Brebes Jalin MoU

Kamis 24-08-2023,18:06 WIB
Reporter : Muhammad Richardo
Editor : Heru Djalili

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER - Kota Metro dan Kabupaten Brebes menjalin kerjasama dalam upaya pengembangan Pasar Bawang Merah. Hal itu menjadi strategi pengendalian inflasi pangan di kedua daerah.

 

BACA JUGA:Gebyar Pasuruan Expo Tampilkan Beragam Pertunjukkan

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Lampung dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah menjajaki upaya kerjasama pengembangan komoditas bawang merah, sebagai langkah memenuhi pasar konsumsi masyarakat.

 

Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan usai panen bawang merah Kelompok Tani (Poktan) Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat.

 

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin memastikan kerja sama antardaerah itu bakal terus berlanjut, menindaklanjuti program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Strategi itu menjadi langkah mengantisipasi kelangkaan, sekaligus solusi mengantisipasi harga bawang yang kerap berfluktuasi.

 

“Iya, apa yang tadi sudah disampaikan bahwa kerjasama ini tentu akan berlanjut. Kerja sama daerah tentu juga dalam pengendalian inflasi daerah ya. Saya kira, intinya bagaimana kita menjamin ketersediaan itu,” kata Wahdi, Kamis, 24/8/2023.

 

Kabupaten Brebes sendiri menjadi sentra penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Tahun 2022, kabupten yang berada di Jawa Tengah ini menyumbang 18,5 persen produksi bawang merah nasional.

 

Potensi itu diharapakan dapat menciptakan kerjasama menguntungkan, termasuk menjamin ketersediaan barang hingga pemasaran.

Tags :
Kategori :

Terkait