Dinkes Targetkan Sasaran Vaksin HPV di Bandar Lampung Bertambah Jadi 8.468

Kamis 10-08-2023,13:45 WIB
Reporter : Deka Agustina Ramlan
Editor : Heru Djalili

 

Desti mengatakan, pelaksanaan vaksin HPV ini akan dilakukan berbarengan dengan vaksin MR (Measle and Rubella) dan ditargetkan selesai akhir bulan Agustus. 

 

"Pelaksanaan vaksin ini bersamaan dengan pelaksanaan bias (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Untuk anak kelas 1 SD itu vaksin MR  (Measles and Rubella), sedangkan untuk kelas 5 SD vaksin HPV," kata dia. 

 

 

"Kami targetkan 8.468 ini bisa diselesaikan sampai 31 Agustus 2023. Seandainya nanti tidak selesai, misal ada yg sakit, itu kita akan lakukan sweeping di awal September, harapannya semua target ini bisa terselesaikan dengan baik," sambungnya. 

 

Desti mengatakan, vaksin HPV ini diprogram oleh pemerintah lewat penelitian dan pertimbangan yang matang. Untuk menghindari supaya anak-anak dikemudian hari tidak terkena kanker serviks. Vaksin ini berupaya memberikan perlindungan. 

 

"Vaksin ini diberikan ke anak perempuan umur 11 tahun atau kelas 5 SD karna menurut data anak perempuan kelas 5 SD atau umur 11 tahun itu sudah banyak yang sudah menstruasi, jadi organ reproduksi dia baru mulai berkembang," jelasnya. 

 

Alasan vaksin ini hanya diberikan untuk anak-anak, tidak ke orang dewasa juga karna menurut pihaknya kanker serviks bisa terjadi untuk orang-orang yang sudah melakukan hubungan seksual aktif sedangkan mereka anak-anak belum melakukan hubungan seksual aktif. 

 

Harapannya, nanti ketika mereka sudah sampai pada masanya untuk bisa melakukan hubungan seksual secara aktif, mereka sudah terlindungi dengan vaksin ini. 

 

Tags :
Kategori :

Terkait