Apabila dikaitkan dengan kaum milenial, Indonesia akan memasuki masa bonus demografi selama rentang waktu 2030-2045, pada periode tersebut komposisi penduduk Indonesia akan didominasi oleh kelompok usia produktif.
Inilah tantangan koperasi yaitu mampu membentuk customer trust dan customer loyal dan harus dimulai dari sekarang, untuk itu koperasi harus mulai berbenah menyambut era revolusi industri 4.0 tanpa harus meninggalkan jati diri sebagai tonggak ekonomi Pancasila.
Koperasi harus melakukan inovasi bisnis dan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi tanpa harus menanggalkan tradisi mufakat sebagai pondasi.
Pengembangan koperasi harus terus didukung bersama dengan memfasilitasi, memberdayakan dan menggerakkan sektor-sektor strategis dan potensi-potensi unggulan yang dimiliki.
Salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam memajukan koperasi adalah dengan meningkatkan literasi perkoperasian serta menstimulus generasi muda agar tertarik untuk berkoperasi.
Jambore koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) adalah salah satu ajang bergengsi bagi koperasi mahasiswa di seluruh Indonesia yang diselenggarakan sebagai bentuk upaya dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal.
Jamkopnas ini dapat meningkatkan jiwa kompetitif mahasiswa dalam berwirausaha untuk meningkatkan pemahaman tentang pengetahuan perkoperasian dan kewirausahaan bagi koperasi mahasiswa Indonesia.
Hal ini sejalan dengan tema jambore koperasi mahasiswa Nasional hari ini yaitu Empoweing Youth Cooperative for better future yang mengajarkan semangat kebersamaan dan keadilan serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai yang ada di masyarakat.