Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Polresta Bandar Lampung

Rabu 02-08-2023,20:53 WIB
Reporter : Heru Djalili
Editor : Heru Djalili

 

Ketua Tim Supervisi dan Asistensi Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Rudy Syafirudin menjelaskan bahwa latar belakang dibentuknya Polisi RW dikarenakan masih adanya perspektif negatif masyarakat terhadap Polri dalam penegakan hukum yang berdampak pada tingkat kepercayaan publik terhadap Polri dinilai masih rendah sehingga dibutuhkan Polisi yang dapat masuk lebih dekat ke masyarakat.

 

"Besar harapan saya dengan adanya Polisi RW ini, rekan rekan bisa terjun langsung ke lapangan dan menjadi ujung tombak Kepolisian dalam memelihara kamtibmas" ungkap Brigjen Pol Rudy. 

 

"Datangi masyarakat, minimal radius 100 meter Polisi RW harus mengenal daerah binaannya, ikut bersosialisasi disana, serap informasi dan keluhan masyarakat yang ada disana" ujar Brigjen Pol Rudy. 

 

Brigjen Pol Rudy menjelaskan bahwa tugas Bhabinkamtibmas tidak dilibatkan dalam Polisi RW tetapi harus saling melengkapi. 

 

"Adanya Polisi RW ini tidak menggeser peran Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat namun untuk membantu tugas para Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Kepolisian dalam memelihara ketertiban masyarakat," ungkap Brigjen Pol Rudy. 

 

Tujuan utama Polisi RW ini untuk menumbuhkan kamtibmas yang lebih baik. Mereka harus memperkenalkan diri sebagai polisi RW di mana dan siap untuk membantu keamanan RW-nya.

 

"Polisi RW yang betugas harus mampu menyerap informasi maupun mengatasi permasalahan di masyarakat sehingga bisa menjadi penyambung lidah masyarakat ke institusi Polri" ungkap Brigjen Pol Rudy. 

 

Brigjen Pol Rudy juga meminta agar masyarakat memantau kinerja Polisi RW dan melaporkan jika ada yang bekerja seenaknya.

Tags :
Kategori :

Terkait