Kembali Bersinar di Panggung Internasional, BRI Borong 15 Penghargaan di Ajang FinanceAsia 2025

Rabu 02-07-2025,19:00 WIB
Reporter : Khairul
Editor : Khairul

HONGKONG,RADARLAMSEL  –  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menegaskan posisinya sebagai institusi keuangan nasional dengan daya saing global.

Dalam ajang  FinanceAsia Awards  dan  Asia’s Best Companies 2025  yang digelar di Hong Kong (17/6), BRI meraih 15 penghargaan. Prestasi ini mencerminkan fundamental bisnis yang tangguh, adaptif, dan relevan dengan dinamika industri keuangan kawasan.

Dalam  FinanceAsia Awards 2025 , BRI meraih penghargaan sebagai  Best Commercial Bank – SMEs Best Bank for Financial Inclusion Best Private Bank , dan  Best Custodian Bank , serta    Best Bank  dengan kategori  highly commended  untuk kategori domestik.


Capaian tersebut mencerminkan pengakuan terhadap kekuatan model bisnis BRI yang mampu menghadirkan layanan inklusif, relevan, dan kompetitif di berbagai segmen pasar.

Setiap tahun, FinanceAsia juga menyelenggarakan  Asia’s Best Companies , sebuah  benchmark  bergengsi yang disusun berdasarkan survei terhadap investor dan analis terkemuka untuk menilai perusahaan-perusahaan paling unggul dan berpengaruh di masing-masing sektor industri di Asia.

Dalam daftar tahun 2025 untuk kategori domestik, BRI meraih predikat  gold  pada kategori  Best Managed Company Best Investor Relations , serta  Best Managed  di antara lembaga finansial.

Selain itu, BRI juga menerima sejumlah penghargaan dengan predikat  silver , meliputi  Best Large-Cap Company Most Committed to ESG Best DEI Best Use of Technology,  serta tiga penghargaan yang dianugerahkan untuk  Board of Management  BRI.

Dalam keterangannya, FinanceAsia menyampaikan bahwa institusi keuangan terkemuka di kawasan Asia Pasifik dinilai mampu menghadapi ketidakpastian global, di tengah pemulihan ekonomi dunia pascapandemi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Di tengah kondisi yang belum sepenuhnya stabil, mereka tetap menunjukkan ketangguhan dan mampu menciptakan capaian positif di tengah tantangan.

BACA JUGA:BRI Fokuskan Langkah Transformasi di Seluruh Aspek

Direktur Utama BRI Hery Gunardi mengungkapkan bahwa capaian ini menegaskan bahwa ketangguhan dan relevansi model bisnis menjadi fondasi utama BRI dalam menjaga kepercayaan publik dan menghadapi dinamika industri keuangan.  

BRI melihat peluang besar untuk terus bertumbuh, berinovasi, dan memperkuat posisi BRI di industri keuangan nasional dan regional.

“Saat ini BRI memiliki fondasi yang sangat kuat untuk mengoptimalkan peluang tersebut. “BRI memiliki lebih dari 36.600 tenaga pemasar yang terdiri dari tenaga pemasar mikro (Mantri), RM Lending, dan RM Funding & Transaction dan BRI juga didukung oleh lebih dari 6 ribu unit kerja, mulai dari Kantor Cabang hingga BRI Unit yang tersebar hingga ke pelosok negeri. Menjadikan BRI sebagai bank dengan jaringan dan jangkauan terluas di Indonesia,” ujar Hery.

Selain itu, Hery menambahkan BRI juga memiliki  customer base  yang besar dimana hingga akhir Maret 2025 terdapat lebih dari 221 juta rekening simpanan serta 211 ribu user QLola di segmen korporasi. Ini bukan hanya angka, ini adalah ekosistem besar yang menjadi kekuatan strategis BRI ke depan.

Sebelumnya pada Juni 2025, BRI juga mencatatkan pencapaian internasional yang membanggakan dengan menempati peringkat 349 dari 2.000 perusahaan publik terbesar dunia dalam daftar Forbes Global 2000.

Capaian ini menjadikan BRI sebagai perusahaan publik terbesar dengan peringkat tertinggi di Indonesia dalam daftar versi Forbes tersebut. Dalam laporan tersebut, BRI mencatatkan kinerja positif dengan pendapatan mencapai USD 16,07 miliar, laba USD 3,8 miliar, aset USD 123,83 miliar, dan  market value  USD 33,48 miliar yang turut memperkuat posisinya di panggung internasional.

Tags :
Kategori :

Terkait