Dinas PU Klaim Perbaikan Jalan Lingkungan Bandar Lampung Capai 85 Persen

Senin 23-09-2024,20:50 WIB
Reporter : Deka Agustina Ramlan
Editor : Khairul

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung mengklaim hingga saat ini perbaikan jalan lingkungan telah mencapai 85 persen dari 455 ruas jalan yang ditargetkan untuk diperbaiki pada 2024.

Kepala Dinas PU Bandar Lampung, Dedi Sutiyoso mengatakan, pihaknya menganggarkan perbaikan jalan lingkungan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni sebesar Rp85 miliar.

“Ada tambahan Rp7 miliar pada APBD perubahan," kata Dedi Sutiyono, Senin (23/9/2024).

Dedi optimis, bahwa seluruh proyek perbaikan jalan ini akan pihaknya selesaikan sebelum pergantian tahun.

BACA JUGA:Ini Makna Nomor Urut 1 Paslon Aries Sandi-Supriyanto

"Dari 455 ruang jalan itu, sebanyak 85 persen sudah kami selesi perbaiki, dan kami berharap dapat menuntaskan sisanya pada tahun ini," ujarnya.

Namun, Dedi tidak menutup mata terhadap keluhan dari masyarakat yang menyebutkan bahwa beberapa jalan yang sudah diperbaiki justru kembali rusak dalam waktu singkat, bahkan hanya dalam hitungan satu hingga dua bulan.

Menanggapi keluhan tersebut, ia menjelaskan, bahwa kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, terutama terkait masalah drainase.

"Kerusakan jalan yang cepat kembali terjadi biasanya disebabkan oleh genangan air. Aspal sangat rentan terhadap genangan air, karena air yang mengendap akan merusak struktur jalan,” katanya.

Oleh karena itu, kata Dedi, pihaknya harus memperhatikan kondisi sistem drainase di sekitar jalan yang diperbaiki. Jika drainasenya tidak berfungsi dengan baik, maka air akan terus menggenang, yang pada akhirnya mempercepat kerusakan jalan.

Selain itu, lanjut Dedi, penyebab kerusakan jalan yang cepat adalah kebiasaan masyarakat yang tidak menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah yang menyumbat saluran air dapat menyebabkan banjir lokal yang merusak jalan.

"Perbaikan jalan lingkungan menjadi salah satu prioritas utama pemerintah kota, mengingat kondisi jalan yang baik merupakan kebutuhan dasar untuk mendukung aktivitas warga," jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga Tanjung Senang, Rudi menyampaikan, jalan lingkungan yang rusak di sini sudah ada sebagian sudah diperbaiki.

Ia berharap, Pemerintah Kota Bandar Lampung dapat segera memperbaiki jalan lingkungan yang rusak tersebut.

"Sehingga kalau jalan itu bagus semua, kita masyarakat pun nyaman melewatinya," kata dia. (dka)

Tags :
Kategori :

Terkait